Tips Untuk Ibu Baru Agar Tetap Sehat dan Bahagia Meski Kurang Tidur

Tips Untuk Ibu Baru Agar Tetap Sehat dan Bahagia Meski Kurang Tidur

Jakarta, Najam Collection – Menjadi baru bukan perkara mudah. Si buah hati yang kerap terbangun dan menangis di malam hari membuat waktu istirahat ibu terpotong dan energi terkuras.

Banyak orang beranggapan bahwa ibu harus ikut tidur jika si buah hati tengah tertidur. Tapi, faktanya tak semudah demikian. Selalu saja ada hal-hal yang membuat ibu tak bisa tertidur meski si kecil tengah tertidur lelap.

Akibatnya, saat memiliki bayi pertama, seorang ibu kerap lupa mengurus dirinya sendiri. Berikut mengutip cnnindonesia.com, beberapa tips yang bisa Anda coba agar tetap sehat dan bugar meski kurang istirahat.

1. Makan

Saat menyusui, tubuh membakar sekitar 300-500 kalori setiap hari. Perlakukan tubuh Anda dengan baik dan beri tubuh asupan bernutrisi.

Tak perlu sajian menu yang rumit. Anda bisa mengonsumsi telur, makan beberapa blueberry, atau tuangkan semangkuk sereal gandum.

Meski kurang istirahat, tapi pastikan agar Anda tetap mendapatkan asupan makanan yang tepat dan tetap terhidrasi.

2. Gerakkan tubuh

Memiliki bayi meningkatkan risiko diastasis recti atau masalah yang menyebabkan perut susah kempes setelah melahirkan. Ibu yang baru melahirkan juga berisiko mengalami prolaps organ panggul atau kondisi di mana otot dan ligamen yang menyokong organ sekitar panggul melemah.

Dengan begitu, penting bagi Anda untuk menjaga otot-otot tubuh tetap sehat. Anda bisa melakukan olahraga ringan setelah enam pekan melahirkan.

Selain itu, segala jenis gerakan juga telah membuktikan manfaatnya bagi . Anda bisa berjalan santai di pagi hari sambil menghirup udara segar. Atau, sisihkan waktu selama 10 menit untuk melakukan yoga atau peregangan.

Baca juga:   5 Tanda Darurat Jika Tubuhmu Perlu 'Me Time' Secepatnya, Awas Jangan Stres Ya!

3. Buat rumah senyaman mungkin

Sebagai , Anda harus memiliki ruang gerak semaksimal mungkin. Tak ada salahnya untuk menghabiskan lebih banyak uang untuk membuat rumah senyaman mungkin.

Tak ada salahnya pula untuk memanjakan diri sendiri.

4. Kendalikan tamu

Bayi yang baru lahir adalah kabar bahagia bagi banyak orang. Tak heran jika akan ada banyak tamu yang berkunjung menengok ibu dan si buah hati.

Namun, tak ada salahnya pula jika Anda ingin menyendiri terlebih dahulu untuk sementara waktu. Ucapkan penolakan secara baik bahwa Anda butuh waktu sendiri.

Semakin banyak tamu, ibu akan semakin terbebani untuk menjadi tuan rumah yang baik dan sopan. Alih-alih menyenangkan, hal itu justru menambah beban ibu.

Sebaliknya, jika Anda merasa kesepian, beri tahu teman-teman Anda.

WhatsApp aja ya..
Butuh bantuan, kakak?
Hallo kakak, ada yang bisa dibantu?