Mengatasi Masalah Tidur Bayi – Saatnya Tidur

Jika Anda adalah orang tua dengan anak kecil maka inilah pertanyaan yang mungkin membuat Anda menguap – apa yang Anda lakukan pagi ini pada jam 1 pagi, 3 pagi atau 5 pagi. Apakah Anda seperti atau apakah Anda benar-benar sedang memeluk dan mengayunkan malaikat kecil Anda untuk membuat mereka tidur kembali? Lagipula, itulah yang dimaksud dengan menjadi orang tua – bukan?

Mengatasi Masalah Tidur Bayi
Penyebab Bayi Tidur Terus dan Cara Mengatasinya | HonestDocs

Beberapa yang beruntung akan tertidur di sepanjang malam, tetapi sebagian besar populasi parenting akan memberi makan atau mondar-mandir di lantai dengan bungkusan kecil kegembiraan.

Sama seperti bayi Anda yang baru lahir menenun keajaiban melalui hati Anda, efek kurang tidur dapat memengaruhi tubuh dan pikiran Anda. Satu dari tiga anak memiliki masalah tidur yang nyata sebelum mereka mencapai usia sekolah, tetapi ini dapat diatasi dalam banyak kasus – dan tidak harus membuat bayi Anda menangis selama berjam-jam.

Jadi, Mengapa Anak Kecil Tidak Tidur?

Kita semua tidur dalam siklus yang terdiri dari blok cahaya dan tidur nyenyak. Jika Anda menggendong bayi Anda untuk tidur atau membiarkannya tertidur di payudara sebelum meletakkannya, Anda sedang menuju masalah. Bayi Anda memasuki fase tidur ringan dan kemungkinan besar akan terbangun saat mereka menyadari bahwa mereka sendirian. Mereka akan menangis, Anda akan kembali kepada mereka dan karena Anda tidak tahu cara lain, Anda akan menggendongnya, menggoyangkannya kembali ke tidur, dan mengembalikannya ke ranjang. Dan siklus itu terus berlanjut!

Cara Akal Sehat

Penghiburan terkendali dirancang oleh perawat ibu-ibu asal Australia, Rhonda Abrahams. Ini lebih baik daripada tangisan terkontrol. ‘Bayi di bawah 6 bulan tidak boleh dibiarkan menangis,’ kata Ronda, ‘bayi yang lebih tua tidak boleh dibiarkan menangis lebih dari 10 menit.’

Mengatasi Masalah Tidur Bayi
6 Alasan Mengapa Bayi Sering Terbangun di Malam Hari dan Cara …

Rhonda mendasarkan tekniknya pada akal sehat. ‘Bayi perlu belajar tidur sendiri sehingga jika mereka bangun di malam hari mereka dapat menenangkan diri kembali,’ jelasnya. Agar berhasil, teknik ini perlu digunakan untuk semua jenis tidur, atau bayi Anda akan mendapat pesan yang beragam. Dan anak kecil belajar dengan pengulangan. Jadi, Anda harus menerapkan rutinitas ini untuk tidur siang dan malam.

Baca juga:   Tip Praktis untuk Menyiapkan Kamar Bayi

Siap atau tidak?

Sebelum memulai program …

Pastikan bayi Anda baik-baik saja. Jika mereka jatuh sakit tepat saat Anda memulai rutinitas baru, berhentilah dan mulai lagi saat mereka sudah lebih baik.

Pastikan Anda sehat – tidak ada gunanya bagi Anda berdua untuk memulai rutinitas baru saat tubuh Anda sedang stres.

15 Tips Untuk Bunda Agar Bayi Dapat Tidur Lebih Baik
10 Merk Bantal Peyang yang Bagus dan Nyaman

Cobalah untuk membuat minggu yang cukup bebas untuk mencurahkan sebanyak mungkin waktu dan usaha untuk membuat rutinitas berjalan. Jadwal yang padat akan membuat lebih sulit, dan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bekerja.

Jika ada orang lain yang merawat bayi Anda, pastikan mereka tahu apa yang terlibat – tidak ada yang menyabotase rutinitas baru secepat pesan campuran.

Dapatkan lampu malam yang redup agar bayi Anda dapat melihat sekelilingnya saat bangun.

Ini Hanya Rutinitas

Rutinitas teratur adalah cara paling pasti untuk membuat bayi atau balita tidur mandiri. Si kecil merespons pola kejadian yang sudah dikenal, dan tidur di lingkungan yang sama setiap malam memberikan rasa dan nyaman. Menetapkan rutinitas waktu tidur tidak hanya bermanfaat bagi anak Anda, tetapi juga `Anda dan pasangan karena Anda dapat memiliki sedikit waktu tenang orang dewasa ‘.

Dorong pola kehidupan bayi baru lahir Anda, karena ini akan berubah menjadi rutinitas – dan bayi belajar dari pengulangan. Ingatlah bahwa sebuah kebiasaan bisa terbentuk hanya dalam tiga hari!

15 Tips Untuk Bunda Agar Bayi Dapat Tidur Lebih Baik
5 Kiat Menidurkan Bayi Sesuai Usia – Semua Halaman – Nakita

Cara terbaik untuk membuat rutinitas adalah dengan menggunakan metode makan / bermain / tidur. Pada siang hari ketika bayi Anda bangun, beri makan dan biarkan dia bermain sebentar. Waspadai tanda-tanda kelelahan (menguap, menggosok mata, beruban, menyembunyikan wajah). Saat Anda melihatnya, Anda harus mulai menyelesaikannya. Berpelukan sebelum tidur siang; di malam hari, beri mereka mandi yang menyegarkan. Pijat bayi juga bisa menenangkan bayi Anda. Jangan pernah terlalu menstimulasi anak Anda sebelum tidur atau berpikir bahwa semakin lama Anda menjaga mereka, mereka akan semakin lelah dan semakin mudah untuk membuatnya tidur. Bayi yang kelelahan lebih sulit untuk diselesaikan, dan jika Anda menunggu sampai mereka lelah untuk memulai menyusui terakhirnya, mereka akan tertidur saat Anda memberinya makan. Tantangan utama dalam hal ini adalah bayi Anda akan ketakutan saat mereka bangun sendiri di ranjang dan mereka akan bertanya-tanya di mana Anda berada; lagipula ketika mereka tertidur mereka ada di pelukanmu!

Baca juga:   Manfaat Olah Raga Saat Hamil

Settling – Newborn – 6 Bulan

Kecuali bayi Anda sangat kooperatif, persiapkan diri Anda untuk menangis – ada baiknya jika ada orang lain yang mendukung Anda.

1. Bungkus bayi Anda dengan kuat, tetapi tidak ketat, dengan selimut kecil atau seprai kereta bayi, menutupi tangan mereka untuk membantu mereka merasa lebih aman dan mencegah mereka menangkap dirinya sendiri di wajah jika mereka memukul-mukul.

2. Tempatkan mereka di ranjangnya di sisi mereka sehingga mereka berpaling dari Anda (hindari kontak mata), dan dengan kaki mereka dekat ke ujung ranjang. Ingatlah bahwa ini bukan posisi mereka untuk tidur – Anda akan membalikkan mereka setelah mereka tidur. Sementara itu, mereka tidak akan membahayakan, karena Anda akan berada di ruangan bersama mereka setiap saat. Lihat jam dan catat waktu. Anda akan memberi mereka waktu 15 menit untuk tenang.

3. Mereka mungkin sudah mulai menangis sekarang. Letakkan satu tangan di bahu mereka dan usap punggungnya dengan lembut atau tepuk pantatnya dengan lembut dengan tangan lainnya. Mereka mungkin akan terus menangis.

4. Jika, setelah 15 menit, mereka masih menangis dan tidak menunjukkan tanda-tanda menetap, angkat dan peluk mereka (jangan guncang mereka hingga tertidur – ingat inilah yang coba Anda hindari).

5. Setelah mereka tenang, letakkan kembali di ranjang mereka, kali ini menghadap ke arah lain, dan coba periode 15 menit lagi untuk menenangkan diri. Letakkan satu tangan di bahu mereka dan tepuk atau belai mereka, seperti sebelumnya. Jika mereka mulai tenang, singkirkan tangan Anda – idenya adalah agar bayi Anda tenang.

6. Setelah bayi Anda tertidur lelap, gulingkan dengan lembut ke punggungnya, kendurkan pembungkusnya, dan tinggalkan.

7. Jika bayi Anda masih menangis, angkat, peluk, dan mulai lagi.

15 Tips Untuk Bunda Agar Bayi Dapat Tidur Lebih Baik
Berbagi dengan Bayi Bunda? Ini Tipsnya – Sehati Kehamilanku

Yang terpenting adalah ketekunan. Rutinitas baru membutuhkan waktu, tetapi pikirkan betapa menyenangkannya menjadi orang tua ketika Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Baca juga:   15 Tips Untuk Bunda Agar Bayi Dapat Tidur Lebih Baik

Menetap 6 – 12 bulan

Sekali lagi, ini akan sangat membantu jika Anda memiliki dukungan. Dengan teknik ini bayi Anda tidak akan pernah dibiarkan menangis sendiri selama lebih dari sepuluh menit setiap kali. Apakah kamu siap? Nah ini dia!

1. Baringkan bayi Anda di ranjang bayi terlentang. Pastikan kaki mereka berada di ujung tempat tidur dan beri tahu mereka “Saatnya tidur sekarang”. Tinggalkan ruangan dan tunggu selama dua menit. Anda ingin memberi bayi Anda kesempatan untuk tidur sendiri. Begitu mereka menyadari bahwa mereka sendirian, kemungkinan besar mereka akan mulai protes. Jika mereka tidak menetap dalam 2 menit, masuk kembali.

2. Gulingkan ke samping, menghadap menjauh dari Anda. Letakkan tangan di bahu mereka dan terus tepuk paha bawah atau atas dengan lembut dengan tangan lainnya. Lakukan ini selama dua menit, ulangi kata-kata “Saatnya tidur sekarang” dengan suara yang lembut dan menenangkan. Jika bayi kita masih protes setelah dua menit, tinggalkan kamar, dan tunggu di luar, kali ini selama empat menit.

3. Jika mereka masih belum menetap, masuk kembali dan coba selesaikan, kali ini selama empat menit. Lain kali, itu akan menjadi enam menit, lalu delapan menit dan akhirnya sepuluh menit.

4. Seandainya setelah sesi sepuluh menit mereka masih belum tenang, angkat mereka dari ranjang, peluk mereka, tenangkan mereka (pastikan Anda tidak menggoyangkan mereka untuk tidur), dan ketika mereka memiliki diselesaikan ulangi prosesnya.

Anda akan melihat bahwa tangisan anak Anda akan mencapai puncaknya, dan kemudian akan berhenti, seringkali sangat cepat, sampai mereka akhirnya menenangkan diri untuk tidur.

Seperti yang telah disebutkan di seluruh artikel ini, kunci sukses adalah ketekunan. Jika Anda mengikuti rutinitas ini hingga ke awal, maka dalam waktu 3 – 10 hari bayi Anda akan tertidur sepanjang malam, dan dapat kembali tidur, jika mereka bangun.

Semoga berhasil dan selamat tidur!

Share ya jika bermanfaat..

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments